Pdm. Andi Stepanus Ssi,” Buanglah sifat kekanak-kanakan jadilah Dewasa dalam Iman agar Hidupmu di Berkati Tuhan,,

0
373

POTRET INDONESIA NEW.COM. DELISERDANG.III.

Dengan selalu memperhatikan Prokes dan Fungsi 3-M  Ibadah Kebaktian raya GBI.COKRO Lubuk Pakam yang di Gembalakan Pdt.Arman Adelin Sth  berlangsung dengan penuh Hikmah dan Sukacita  pada Minggu (27/03/2022) dengan 4 sesion Ibadah.

Memasuki sesion awal ibadah dengan Doa Pujian dan Penyembahan tampak WL dan Singer yang  bernyanyi  dengan  penuh  hadirat Tuhan membawa jemaat mengenang dan mengsyukuri kasih Tuhan Yesus yang luar biasa bagi hdup jemaat.

Usai ibadah Pujian dan Penyembahan diawal Shearing Firman Tuhan  Pdm.Andi Sthefanus SSi  memberikan  materi pembahasan Firman  dengan  Berthema  ” Bersifat Kekanak kanakan “.

Sebelumnya  pengkhotbah mengajak jemaat  membuka Alkitab pada Korintus  13 ayat 11 :”Ketika aku kanak-kanak aku berkata seperti anak-anak  dan sekarang sesudah aku dewasa  ,aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.”

Shalom Saudaraku  kita harus mengetahui  Proses pendewasaan itu tidak sama antara satu dengan yang lain, namun ketika kita mengalami Lahir baru kita akan mematikan  pola hidup lama kita yakni cenderung menyalahkan orang lain, suka berbohong agar  terhindar dari masalah,,Suka saling mengejek dan memaki tanpa mempelajari masalah yang terjadi, Implusip yakni lemah dalam pengendalian diri, Ingin menjadi pusat perhatian  hanya berusaha  supaya dirinya  diperhatikan  orang.

Ada lagi sifat  Meriska yakni sifat yang suka urusin urusan orang lain yang biasa disebut menggosip ,sifat manusia  Narsisime hidup dengan kemauannya sendiri dan tidak memperdulikan orang lain,dimana dianya mencoba membentuk Mekanisme  pertahanan diri  yang penuh dengan pembelaan diri sendiri, belum ada kesadaran  terhadap kesalahan yang pernah dia lakukan.

Ingat Saudaraku  Orang semakin  dewasa harus semakin matang mengontrol  sikap ,ucapan dan tindakan  dengan  berprinsip bahwa ” Kita lahir baru hanya sekali namun  bertobatnya harus setiap hari “.

Ciri-ciri orang yang  dewasa  Iman orangnya mau  bertanggung jawab  dalam pekerjaan dan pelayanannya serta mampu menyelesaikan  dengan baik  tugas-tugas  yang  dibebankan  kepadanya  sebagai suatu  pertanggungjawaban  kedewasaan diri  yang memiliki  keteguhan hati dan Iman.

Untuk itu ingat lah saudara dengarlah bagi orang yang setia dalam perkara kecil baik dalam pelayanan di gereja  maupun sekuler  maka percayalah   hak besar pun akan Tuhan  sediakan  baginya maka itu ” Buanglah sifat kekanak-kanakan  jadilah Dewasa dalam Iman agar hidupmu di Berkati Tuhan,,

Sikap Orang yang  dewasa dalam Imam ia mampu menguasai keinginannya dan bisa membedakan  antara  kebutuhan dan keinginan  serta  tidak  menjadi orang yang “lapar mata ” yakni orang yang selalu ingin  memiliki  segala sesuatu yang dia lihat.

Orang yang dewasa Iman ia Rela berbagi  berkat ,ingat Saudaraku  untuk menjadi berkat bagi orang lain  tidaklah kita harus selalu  menjadi  Kaya dulu baru berbagi berkat ,namun milikilah Hati yang  mengasihi dan perduli terhadap kesusahan  ataupun penderitaan orang lain karena hal itu akan membuat  kita menjadi Berkat bagi orang lain.

Saudaraku 12 murid Tuhan Yesus sifatnya beda-beda  dan kesemuanya itu akan membawa  kebaikan  apabila  mau dibentuk  oleh Tuhan terkecuali Yudas yang pada dasarnya  selalu berpikiran  materi dan uang hingga kehilangan Imannya sebagai murid Tuhan.

Maka itu bertumbuhlah dalam kedewasaan Imanmu yang beralaskan Kasih dari Tuhan Yesus  agar kehidupan pertumbuhan Iman percaya kita dibentuk  sendiri oleh  Tuhan  hingga akhirnya kita mampu  menilai mana pola kehidupan kekanak-kanakan dan mana pola kehidupan  yang dewasa  dalam beriman.

Berlakulah setia dalam perkara Iman Serta  percayalah kepada-Nya agar hidup  kita semakin tumbuh  menjadi orang yang memiliki kedewasaan Iman  serta Carakter Kristus yakni mempunyai hati yang rela berkorban bagi sesama. Serta mampu menahan diri dari perbuatan Dosa hingga akhirnya  terang Tuhan  akan terbit seperti Fajar dipagi hari dalam  kehidupan kita……AMIN,,,

Ibadah raya  minggu diakhiri dengan Doa syfaat dan doa berkat oleh salah satu wakil Gembala Pdm.P Hutagalung.

( Dms / Red ).