Ketua P2K Sarliman Sinaga Spd, “Pelaksanaan Pilkades Desa Serdang Kec.Beringin Sesuai Kesepakatan ketiga Calkades “

0
196

POTRET INDONESIA NEW.COM DELISERDANG.III

Pesta Demokrasi tingkat  Pedesaan  atau yang biasa disebut  PILKADES serentak sudah didepan Mata  yakni pada tgl 18 April 2022 ,terlebih  pesta demokrasi ini  diselenggarakan  dengan  penuh kesemarakan oleh para pendukung  Calon kepala desa tersebut.

Hal pesta demokrasi ini juga semarak berlangsung  di Desa Serdang  Kecamatan Beringin  Kabupaten Deliserdang  ,baik dari awal Pembentukan Panitia pemilihan Kepala Desa  / P2K dan penetapan  calon Kepala Desa hingga adanya  masa Kampanye 3 Hari bergiliran  bagi tiap para Calon kepala  desa  yang terdiri  dari 3 Calon  yakni :

Nomor  Urut  1 : Lintong Malau ,Nomor  Urut 2 : Henri P. Habeahan dan Nomor  Urut 3 :  Robert Samosir SP.

Diwawancarai diruangannya pada Sabtu  (16/04/2022) Ketua P2K Sarllman Sinaga Spd bersama Sekretaris P2K Harisan Maruli.Sitorus  dan Team P2K menjelaskan  kepada awak media bahwa pelaksanaan  pesta demokrasi Pilkades di desa Serdang  sudah  sesuai  dengan  kesepakatan  bersama  pada tanggal 16 Februari 2022  dari ketiga Calon kepala Desa yang  sudah  menandatangani  surat kesepakatan bersama  berisi 3 Butir ketetapan bahwasanya  warga  yang DAPAT memilih  ataupun  masuk DPT ( Daftar Pemilih Tetap) Adalah sebagai berikut :

1.Memilki  Kartu Tanda Penduduk ( KTP) dan Kartu Keluarga  ( KK ) Desa Serdang.

2.Memiliki  Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) dan Kartu Keluarga ( KK) Desa Serdang  tetapi tidak berdomisili di Desa Serdang.

3.Tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk ( KTP) dan Kartu Keluarga  ( KK) Desa Serdang tetapi  berdomisili  di  Desa Serdang  sampai 07Januari 2022.

Adapun isi kesepakatan bersama  para Calon kepala desa  ini ditandai tangani oleh  ketiga Calon kepala Desa dihadapan  Ketua P2K.

“Saya selaku  Ketua Panitia Pemilihan Kepala di desa Serdang  mensyukuri  kepada Tuhan  bahwasanya  pelaksanaan Pilkades di  Desa Serdang yang  akan berlangsung  serentak  diseluruh  Desa di Deli Serdang  pada Senin 18 April  2022 akan dapat terlaksana dengan Baik” Jelas Sarllman Sinaga kepada Awak media.

Terkait sistem pendaftaran  setiap masyarakat  yang  berhak masuk ke Daftar Pemilih Tetap  ( DPT) Sekretaris P2K  Harisan Maruli.Sitorus  menjelaskan

” Semua data warga yang kami terima  dari kepala  dusun  1 sampai  dengan  Kepala dusun  10 sudah  kami datakan ke file Data P2K guna masuk ke DPT dan semua berkas data itu sesuai dengan  kesepakatan  yang sudah  ditandatangani bersama oleh  ketiga para Calon kepala Desa Pak,,,” Ungkap Harisan Sitorus  dengan  terperinci.

Kadus dusun 10 Sayuti saat diwawancarai  awak media  menjelaskan  bahwa data yang  ada padanya adalah data yang diperolehnya  dari warga  Dusun  10 yang menyerahkan  Photo Copy KTP dan KK nya guna Melengkapi  persyaratan  untuk  didaftarkan   ke DPT melalui  Panitia Pemilihan Kepala Desa,dengan  Kriteria  yang  sesuai dengan kesepakatan dari ketiga  Para Calon kepala desa / Calkades tersebut.

” Data warga  Dusun 10 yang ada pada saya adalah Photo Copy KTP dan KK Warga  yang tinggal berdomisili  di dusun 10 Pak dan saya sudah laporkan  data  dan berkas itu kepada pihak P2K Desa Serdang,,” Terang  Sayuti.

Ditanya  perihal  Pilkades  ini adakah diantara ketiga Calon  kepala Desa  yang Komplein ke P2K Sarliman Sinaga menjawab ;

“Tidak  ada yang Komplein semuanya masih  berjalan  sesuai kesepakatan bersama seperti yang sudah  ditandatangani ketiga Calon kepala Desa  dan kami hanya melaksanakan hasil dari kesepakatan Bersama Calkades  itu Pak, ” Jawab Ketua P2K dengan Tegas sambil  menunjukkan lembaran  surat kesepakatan bersama  yang sudah  ditandatangani  ketiga Calkades.

Ditambah kan Sarllman Sinaga kembali,,,” Lembaran  surat kesepakatan bersama itu telah kami Sosialisasi kan ke Warga Desa Serdang  bahkan pada saat Pilkades nanti Lembaran itu akan di Tempelkan pada setiap TPS yang ada, guna melaksanakan ketentuan seperti yang sudah  disepakati bersama, ” Papar Sarliman.

Harapan Sarllman Sinaga Spd pada pelaksanaan Pilkades di desa Serdang 18 April 2022.

” Agar setiap warga berdoa semoga  Pesta Demokrasi  ini di Berkati Tuhan  berjalan dengan  Damai ,Tertib ,Aman dan Terkendali serta cuacapun tenang “Himbauan dan Doa Sarllman  yang  juga sebagai  Penatua  salah  satu  Gereja  didesa Serdang.

Kepada ketiga Calon kepala Desa Ketua P2K  ini berpesan,,” Kepada Ketiga Calon  siapa pun dia yang menjadi Kepala Desa, kalau  dia yang  Menang dia harus Bisa Menganyomi warga  dan  kalau dia Kalah dia harus bisa menerima  Kekalahannya begitulah  harapan saya Pak ” Pungkas  St.Sarllman Sinaga Spd mengakhiri keterangannya.

Dari pantauan awak  media tampak dilapangan pembuatan  4 TPS mulai sedang  dikerjakan  oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa  dan Persiapan dikantor sekretariat  P2K  diadakan Penyediaan  Kotak suara ,Papan Tulis Penyediaan Bilik Suara sudah rampung  dan siap  untuk melaksanakan  Pilkades 18 April  2022  yang mana  TPS dibuka  mulai Jam 08.00 wib sampai dengan Pukul  14.00 wib. ( Dms / Tim)