Soal Dugaan Pemotongan Dana BLT, Kades Patumbak II Beri Keterangan

0
76

POTRETINDONESIANEW.com PATUMBAK |||
Adanya pemberitaan miring di Medsos dan juga beberapa media online terkait pemotongan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang mengaitkan nama, Edi Sucipto, Kepala Desa Patumbak II, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang disikapi dingin oleh warga desa tersebut. Warga hanya bisa berdoa dan minta Kades bersabar dalam menyikapi kabar yang beredar tersebut.

Meyikapi kabar dugaan pemotongan dana BLT di Desa tersebut, Camat Patumbak, Kennedy Tarigan didampingi Kasi PMD, Mia, mengatakan, Pihaknya telah mengetahui hal itu dan sebelum pembagian dana BLT, Pihak desa sudah berkoordinasi terkait tindakkan yang dilakukan dalam membagikan dana bantuan pemerintah tersebut.

“Ya kita sudah tau, Itu bukan pemotongan, Tapi berdasarkan kesepakatan bersama warga penerima BLT, lalu dana dibagikanlah kepada masyarakat lainnya yang layak menjadi penerima bantuan tersebut,”ucap Kennedy Tarigan yang baru dilantik menjadi Camat Patumbak.

Menurut Kennedy Tarigan, Sebelum dana BLT dibagikan, Pihak pemerintah desa dan BPD melakukan rapat internal dengan warga untuk mendata warga yang belum terdaftar dan yang layak untuk menerima dana BLT.

“Itu bisa dibilang sikap sosial dengan mengedepankan nilai kemanusiaan saja, jadi jangan salah, bukan dipotong,” ucap Kenedy Tarigan diamini Mia, Kasi PMD Kecamatan Patumbak.

Sementara itu, Kades Patumbak II, Edi Sucipto ketika ditemui wartawan AKTUAL di Desa Patumbak 2, Selasa (4/10/2022) sore mengatakan, Sebelum bertindak, Pihaknya juga sudah melakukan musyawarah dengan masyarakat dan pihak kecamatan. Melihat masih ada warga yang memiliki ekonomi sulit dan belum terdaftar sebagai penerima bantuan, Pihaknya lalu mencari solusi sehingga warga yang layak dibantu tersebut dapat juga merasakan bantuan yang diberikan pemerintah pusat.

“Ini pembagian sudah tahap ketiga, kenapa ributnya tidak ditahap kedua. Saya tau ini kerjaan siapa, biasalah Bang, namanya juga hidup. Namun yang pasti, Saya selaku Kades tidak ada melakukan pemotongan dana bantuan itu. Apa yang dilakukan, sebelumnya juga sudah dimusyawarahkan kepada masyarakat. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan. Jadi kita ngambil keputusan itu bukan asal – asalan,” ujar Edi Sucipto menyikapi hal tersebut.

Lebih lanjut, Edi Sucipto juga mengatakan jika dirinya juga tidak akan diam dalam menyikapi hal yang telah merusak nama baiknya serta perangkat pemerintahan Desa Patumbak II itu.

“Kami akan mengambil sikap, karena hal itu menyangkut nama baik pemerintahan di sini dan juga nama baik saya, Ini tidak akan saya biarkan,” tegas Edi yang memiliki visi mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dan agamais dengan menerapkan tata kelola pemerintahan desa yang unggul dalam semangat bergotong royong.

Untuk itu, lanjut Edi Sucipto,Menghimbau kepada warganya jangan gampang menerima dan mendengar berita yang belum pasti kebenarannya.

“Saya berharap kepada warga,jangan gampang menerima berita-berita yang belum pasti kebenarannya baik di Medsos maupun lainnya,”imbaunya.||| Red

 

 

Editor : Zul